persebaran flora dan fauna di indonesia

Persebaran flora & fauna di indonesia
(barat,tengah,timur)

1.barat
fauna-badak bercula satu : 
Badak Jawa merupakan salah satu mamalia besar terlangka di dunia yang ada diambang kepunahan. Dengan hanya sekitar 50 ekor individu di alam liar, spesies ini diklasifikasikan sebagai sangat terancam (critically endangered) dalam Daftar Merah IUCN. Ujung Kulon menjadi satu-satunya habitat yang tersisa bagi badak Jawa. Populasi badak Jawa di Vietnam telah dinyatakan punah.

Status badak Jawa dilindungi sejak 1931 di Indonesia, yang diperkuat dengan penetapan Ujung Kulon di barat daya pulau Jawa sebagai taman nasional sejak 1992.

flora-cempaka kuning ; 
Cempaka Kuning (Michelia Champaka L.) atau di Aceh dikenal dengan sebutan Jeumpa Kuneng, merupakan bunga yang sarat akan nilai budaya dan tradisi khususnya bagi masyarakat Aceh. Hal ini ditandai dengan pemanfaatan cempaka kuning dalam berbagai acara adat. Selain itu keharuman, keindahan dan warna bunga ini telah mengilhami pujangga Aceh untuk menciptakan syair yang terkenal dengan lagu ‘Bungong Jeumpa’.
2.tengah

fauna-komodo : 
Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo, adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. komodo juga biasa disebut dengan nama tertentu oleh warga setempat yaitu ora. komodo juga merupakan kadal terbesar dengan panjang 2-3m, nama komodo juga bisa disebut dengan (varanus komodoensis).


flora-Cendana : 
Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad.

3.timur
fauna-burung cendrawasih 
Kelangkaan burung cendrawasih ini disebabkan karena kerusakan habitat. Habitat asli burung ini hilang karena perluasan kabupaten baru di Papua, pembangunan jalan, pembangunan perkantoran, pemukiman penduduk, dan pembalakan hutan yang menyebabkan sarang burung cendrawasih bersama telurnya hancur.

Bukan hanya itu, ancaman berupa perburuan dan perdagangan secara besar-besaran dan ilegal juga masih terjadi. Burung cantik ini ditangkap untuk diawetkan dan dijadikan pajangan serta diperjualbelikan dengan harga yang mahal. 

flora-mangrove : Hutan mangrove adalah ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Salah satu ciri tanaman mangrove memiliki akar yang menyembul ke permukaan. Penampakan mangrove seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut.




Comments