POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

A. Latar belakang 
     indonesia merupakan salah satu negara dengan kepulauan yang sangat banyak dan besar. sejak dahulu nusantara sudah merupakan pusat perdagangan dan peradaban yang hebat. inilah mengapa negeri kita indonesia disebut sebagai poros maritim dunia, karena setiap pulau pulau yang disambungkan dengan laut laut kecil memiliki potensi yang berbeda beda. (gurugeografi.id)
    indonesia adalah negara yang wilayahnya strategis. mengapa? karena indonesia memiliki 2 benua yaitu benua australia dan asia dan 2 samudra yaitu hindia dan pasifik. dan negeri kita ini juga terletak di garis kathulistiwa sehingga negeri ini bisa disebut dengan poros maritim dunia


B. rumusan masalah
     1. apa pengaruh lokasi astronomis dari negara indonesia?
     2. letak geologis indonesia dibagi menjadi 3, sebutkan!
     3. sebutkan total luas negara indonesia.

C.pembahasan
 1. Lokasi
    A. Astronomis : letak astronomis adalah, letak suatu tempat dilhat dari sisi garis lintang Dan garis bujur, garis lintang adalah garis yang membentang secara horizontal di peta, sedangkan bujur adalah garis vertikal. Posisi astronomi Indonesia Ada di kawasan iklim tropis di belahan timur bumi.
Letak astronomi Indonesia :
adalah 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur).
      Pengaruhnya Bagi Indonesia : Karena Indonesia berada di letak astronomi yang seperti itu, Indonesia jadi selalu terkena sinar matahi, Dan beriklim tropis Dan curah hujanya menjadi tinggi sehigga banyak tanah yang subur.

2. geografis : letak geografis ditentukan dengan posisi nyata. Indonesia terletak di dekat benua Asia Dan australia, Serta samudra hindia Dan pasifik. Posisi geografis Indonesia sangatlah baik Karena adanya jalur perekonomian yang bermanfaat Bagi negara, Dan mudah untuk melakukan hubungan international. Kondisi geografis Indonesia itu sangat penting Karena kondisi geografis ini yang menentukan peristiwa peristiwa global

3. Geologis : berdasarkan letak geologis Indonesia dibagi jadi 3 bagian yaitu
  1. Daerah dangkalan Sunda
  2. Daerah dangkalan sahul
  3. Daerah antara dangkalan sunda Dan sahul
Indonesia bagian barat adalah bagian dari benua Asian Dan bagian timur adalah bagian dari benua australia

     Akibat dari letak geologis Indonesia:
1.  Kepulauan Indonesia, memiliki banyak gunung berapi terutama gunung berapi yang aktif.
2.  Laut Indonesia bagian barat dankal, Laut bagian timur Indonesia juga dangkal, tetapi pada bagian tengah Laut Dalam.
3. Indonesia menyimpan banyak barang mineral
4. Negara Indonesia merupakan negara yang labil, Dan sering terjadi gempa bumi tektonik Dan vulkanik yang dikarenakan adanya gunung berapi yang tidak sedikit jumlahnya.
5. Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan sirkum mediterania Dan sirkum pasifik.

2. Batas wilayah:
Sebagai negara maritim, Indonesia Punya kepulauan yang banyak Dan luas , batas wilayah Indonesia dibagi jadi dua yaitu.
    - darat
    - perairan
 Batas darat Indonesia, diantaranya

a.    Utara   = Berbatasan dengan Negara Brunei Darusalam, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina

b.    Selatan  = Berbatasan dengan Timor Lester dan Australia

c.    Timur     = Berbatasan dengan Papua Nugini

d.    Barat     = Berbatasan dengan Negara India.

Sumber: brainly.co.id

Batas laut atau batas samudera Indonesia, diantaranya :

a.    Utara   = Berbatasan dengan Laut China Selatan dan Samudera Pasifik

b.    Selatan = Berbatasan dengan Samudera Hindia

c.    Timur    = Berbatasan dengan Samudera Pasifik

d.    Barat     = Berbatasan dengan Samudera Hindia

Sumber: brainly.co.id

3. Luas wilayah :

Indonesia merupakan salah satu negara terluas didunia dengan total luas negara 5.193.250 km² (mencakup daratan dan lautan). Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara terluas ke-7 didunia setelah Rusia, Kanada, Amerika Serikat, China, Brasil dan Australia. Jika dibandingkan dengan luas negara-negara di Asia, diperingkat ke-2.  Sumber: www.invonesia.com

4.karakteristik wilayah perairan indonesia 


letak Indonesia yang berada di pertemua dua samudera membuat lautan Indonesia mejadi pertemuan dua arus lautan. Sementara lokasi Indonesia yang berada di khatulistiwa membuat Indonesia menerima sinar matahari yang banyak, yang mendukung tumbunya plankton. Ini membuat lautan Indonesia kaya akan keangekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati ini terlihat di banyaknya terumbu karang di lauran Indonesia seperti di Derawan, Nusa Penida, Bunake, Takabonerate, Wakatobi dan Raja Ampat.


sumber: Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/6623239#readmore
5. karakteristik wilayah daratan indonesia

Pertemuan dua benua membuat wilayah Indonesia memiliki keaneka ragaman hayati. Wilayah Indonesia bagian barat dipengaruhi flora dan fauna Asia, sedangkan wilayah bagian timur dipengaruhi flora dan fauna benua Australia.

Bentuk wilayah Indonesia yang berupa kepulauan membuat beragamnya suku dan budaya Indonesia, karena setiap pulau yang terpisah memiliki perkembangan sejarah sendiri yang menumbuhkan beragam kebudayaan.

Pertemuan dua benua ini juga merupakan pertemuan dua lempeng patahan bumi. Akibatnya banyak gunung berapi yang berada di Indonesia. Ini membuat lahan indonesia subur dari endapan abu volkanik. Tapi ini juga membuat Indonesia rentan terhadap letusan gunung berapi.

6.perkembangan transportasi dan perdagangan nasional di indonesia

karena indonesia merupakan sebuah negara maritim, perdagangan dan transportasi juga menjadi lebih mudah, hal tersebut dikarenakan oleh
  1. Indonesia terletak pada posisi silang di antara Benua Asia dan Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Lokasi ini menguntungkan Indonesia karena menjadi inti jalur perdagangan lalu lintas dunia dan menjadi jalur transportasi negara-negara lain.
  2. Indonesia terletak di jalur strategis perdagangan internasional yang disebut jalur sutra laut, yaitu dari Tiongkok dan Indonesia, melalui Selat Malaka ke India.
Berkaitan dengan jalur perdagangan laut, pemerintah Indonesia memiliki rencana membangun tol laut. Tujuannya adalah untuk meratakan distribusi orang, barang maupun jasa melalui jalur laut ke seluruh Indonesia dengan biaya terjangkau dan efisien.

dengan adanya perkembangan ini, maka perkembangan transportasi beserta dengan perdagangan di indonesia dapat lebih baik, dan ekonomi negara akan naik juga.

7.  potensi sumber daya kelautan di indonesia 
potensi sumber daya kelautan di indonesia dibagi menjadi dua bagian yaitu:
A.sumber daya perikanan: 

Dalam sektor perikanan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Potensi sumberdaya perikanan baik perikanan tangkap, budidaya laut, perairan umum dan lainnya  diperkirakan mencapai  US$ 82 miliar per tahun. Potensi perikanan tangkap mencapai US$ 15,1 miliar per tahun, potensi budidaya laut sebesar US$ 46,7 miliar per tahun, potensi peraian umum sebesar US$ 1,1 miliar per tahun, potensi budidaya tambak sebesar US$ 10 miliar per tahun, potensi budidaya air tawar sebesar US$ 5,2 miliar per tahun, dan potensi bioteknologi kelautan sebesar US$ 4 miliar per tahun. Potensi tersebut masih dari sumdaya alam belum termasuk produk lebih lanjut.
Perikanan juga memberikan lapangan kerja yang tidak kecil. Sektor perikanan mampu menyerap tenaga kerja langgung sebanyak 5,35 juta orang yang terdiri dari 2,23 juta nelayan laut,0,47 juta nelayan perairan umum,dan 2,65 juta pembudi daya ikan. Sedangkan orang yang bergantung pada sector perikanan dari hulu (penangkapan dan budidaya) sampai hilir (industry, perdangan, jasa,dll) cukup banyak yaitu 10,7 juta.

B.sumber daya bahari : 
Potensi wilayah pesisir dan lautan Indonesia dipandang dari segi fisik, terdiri dari : Perairan Nusantara seluas 2.8 juta km2, Laut Teritorial seluas 0.3 juta km2. Perairan Nasional seluas 3,1 juta km2, Luas Daratan sekitar 1,9 juta km2, Luas Wilayah Nasional 5,0 juta km2, luas ZEE (Exlusive Economic Zone) sekitar 3,0 juta km2, Panjang garis pantai lebih dari 81.000 km dan jumlah pulau lebih dari 18.000 pulau.
Potensi Pembangunan
Potensi Wilayah pesisir dan laut Indonesia dipandang dari segi Pembangunan adalah sebagai berikut:
Sumberdaya yang dapat diperbaharui seperti; Perikanan (Tangkap, Budidaya, dan Pascapanen), Hutan mangrove, Terumbu karang, Industri Bioteknologi Kelautan dan Pulau-pulau kecil.
 sumber: 
https://wibowo19.wordpress.com/2009/08/26/301/
D. kesimpulan dan saran
kesimpulan dari blog yang telah saya tulis ini adalah bahwa, indonesia sebagai negara maritim, memiliki banyak sumber daya, punya banyak kebaikan, terutama dalam bidang perikanan, transportasi laut, dan kegiatan jual beli karena, indonesia sendiri berada di tempat yang strategis sehingga mendukung. sumber daya di indonesia juga banyak dan kaya, tapi meski begitu kita harus bisa membudidayakanya dan memakainya dengan bijak, karena jika tidak maka sumber daya tersebut dapat hilang. semoga masyarakat indonesia bisa menyadari akan sumber daya yang kaya di indonesia, dan mau memakainya dengan baik agar dapat dikembangkan dan indonesia bisa menjadi negeri yang lebih baik lagi.


FAUNA KHAS INDONESIA


nama fauna; anoa
penjelasan; anoa adalah hewan khas indonesia yang berletak dan tersebar di daratan pulau sulawesi dan pulau buton. Hewan anoa ini merupakan hewan khas indonesia yang sangat dilindungi terutama di sulawesi karena hewan ini menjadi hewan atau icon kekhasan pulau sulawesi.

Ada 2 jenis anoa yaitu :
1. Anoa pegunungan (bubalus quarlesi)
(berbadan besar, ekor panjang, kaki putih)



2.Anoa dataran rendah  (bubalus depressicornis)
(lebih kecil, ekor pendek, lebih lembut)



Kedua jenis anoa ini memiliki sifat yang agresif dan anoa ini bisa menjadi hewan ternak tetapi sulit untuk menjinakkan-nya. Anoa pegunungan dan anoa dataran rendah bisa dibedakan melalui ukuran tubuh, bentuk tanduk, dan warna dari anoa.

anoa di sulawesi tidak memiliki habitat yang khas, sehingga ke 2 spesies anoa ini tersebar dimana mana. Diperkirakan bahwa hanya ada 2.500 anoa dewasa di indonesia, sehingga hewan ini sangat dilindungi


terimakasih telah membaca blog saya!


E.daftar pusaka
nama penulis : Gregorius Abimanyu Putra Hutomo
"POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA"
tanggal 21 bulan 8 tahun 2018

Comments